RSS

Pendidikan Budaya dan Karakter Bangsa dalam “Kulon Progo Bersih, Hijau dan Sehat” di SD N Kalimenur

13 Mar

This slideshow requires JavaScript.

Dalam rangka mendukung Kulon Progo Bersih, Hijau dan Sehat, Dinas Pendidikan Kabupaten Kulon Progo dan ditindak lanjuti oleh Pemerintah Kecamatan Sentolo memprogramkan kegiatan Kerja Bakti di lingkungan kecamatan sentolo pada hari minggu, 26/02/2012 untuk seluruh sekolah terdiri dari 30 SD Negeri maupun swasta, 5 SMP/MTS, 4 SMA/SMK dan UPTD PAUD & DIKDAS Kecamatan Sentolo diwilayah Kecamatan Sentolo.

SD Kalimenur sangat menyambut baik program tersebut karena sudah sejak lama hal tersebut sebetulnya telah dilaksanakan secara berkala meskipun hanya dilingkungan sekitar sekolah setiap Jum’at bersih. Minggu pagi, 26 Februari,semua siswa dikumpulkan dan diberikan pengarahan. “Anak-anak semua, hari ini kita akan melaksanakan kerja bakti, sudah siap dengan alat-latnya ya! ujar Ibu Karsiyem, S.Pd mengawali pengarahan dan pembagian lokasi kerja bakti. Warga sekolah terdiri dari siswa kelas 1-5 yang berjumlah 125 orang beserta para guru dan tenaga kependidikan tersebar menempati lokasi kerja bakti di sekitar lingkungan sekolah dan  fasilitas umum yaitu Jalan menuju Stasiun dan tempat2 ibadah.

Sehari sebelumnya semua siswa dikondisikan untuk membawa sapu,sabit dan tempat sampah. Siswa kelas 1 -2 bersama 3 orang guru bertugas membersihkan jalan masuk menuju sekolah dan kebersihan lingkungan sekitar sekolah. siswa kelas 3-4 ditugaskan membersihkan jalan menuju stasiun kalimenur, untuk siswa kelas 5 ditugaskan membersihkan tempat ibadah dalam hal ini lingkungan Masjid Miftahul Huda, Dusun Kalimenur, Desa Sukoreno.

Pembersihan jalan difokuskan sepanjang kanan kiri jalan menuju stasiun Kalimenur yang pada hari biasa banyak digunakan warga untuk membuang sampah baik plastik maupun daun. Siswa yang membawa sabit merapikan semak belukar liar, merapikan rumput-rumput yang telah tinggi disepanjang jalan, sedangkan siswa perempuan menyapu dan mengumpulkan plastik,rumput, semak-semak yang telah dirapikan. Kendatipun hari kerja bakti jatuh pada hari Minggu, tidak menjadikan anak menjadi malas-malasan, semua siswa yang terlibat terlihat bersemangat berkerja bakti bersama-sama.

Untuk tempat Ibadah, sehari sebelumnya Ibu Karsiyem, S.Pd selaku kepala sekolah telah meminta izin dari pihak Takmir Masjid Miftahul Huda, Dusun Kalimenur. Semua siswa kelas 5 di dampingi bapak guru PAI, Mudjijono, A.Ma membersihkan lingkungan sekitar masjid dari rumput dan batu yang berserakan. Teras depan juga tak luput dari sentuhan tangan anak-anak perempuan yang membawa alat pel, setiap jengkal lantai disapu dan dipel berulang kali dan kegiatan tersebut akhirnya terselesaikan tepat pukul 10.00 WIB.

Keikut sertaan SD Kalimenur melaksanakan kerja bakti untuk mewujudkan Kulon Progo Bersih, Hijau dan Sehat, selain itu sekolah juga ingin menanamkan pendidikan budaya dan karakter bangsa kepada anak didik mereka. semua siswa tanpa terkecuali diikut sertakan dalam kegiatan tersebut, hal ini dimaksudkan agar anak terbiasa untuk selalu peka terhadap lingkungan, punya empati untuk melihat lingkungan yang bersih, tertata rapi.

Pada akhirnya sekolah berharap, kegiatan serupa dapat dilaksanakan lagi dengan lebih maksimal dikarenakan selama kegiatan tidak nampak adanya peran warga sekitar lokasi yang turut serta melaksanakan kerja bakti. hal ini mengesankan bahwa sosialisasi yang dilakukan oleh pemerintah belum menyeluruh sampai ke desa atau dusun. padahal jika semua pihak turut serta maka hasil yang didapatkan akan semakin maksimal. ketauladanan dari orang tua akan secara nyata terlihat oleh anak didik kami. oleh karenanya harapan kami semoga di lain hari, semua pihak baik itu sekolah, masyarakat dan pemerintah dapat berkerjasama seiya sekata dalam satu tujuan yaitu “Kulon Progo Bersih, Hijau dan Sehat”

Writed by Ayudya, Admin SD Kalimenur

About these ads
 
2 Komentar

Ditulis oleh pada Maret 13, 2012 in Insidental

 

2 responses to “Pendidikan Budaya dan Karakter Bangsa dalam “Kulon Progo Bersih, Hijau dan Sehat” di SD N Kalimenur

  1. Mochammad

    Maret 13, 2012 at 4:56 am

    KEgiatan yang sangat positif dan bermanfaat bagi perkembangan sikap cinta lingkungan di kalangan pembelajar tingkat SD.
    :) Salam,

    Mochammad

    http://mochammad4s.wordpress.com

    http://piguranyapakuban.deviantart.com

     

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 250 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: